Sejarah

Sejarah

Kedudukan, Struktur Organisasi serta Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat DPRD Kabupaten Pesisir Barat diselenggarakan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Nomor .... Tahun ...... tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Barat. Sekretariat DPRD sebagai satuan kerja Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Barat merupakan unsur pelayanan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi DPRD Kabupaten Pesisir Barat yang sehari-hari dilaksanakan oleh para anggota Dewan dan unsur pendukung kelancaran pelaksanaan fungsi dan tugas DPRD dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja DPRD.

Sekretariat DPRD Kabupaten Pesisir Barat atau Setwan dipimpin oleh seorang Sekretaris Dewan (Sekwan) dengan jenjang eselon 2 (dua) yang diangkat oleh Bupati dari Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat atas persetujuan pimpinan DPRD. Dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris bertanggungjawab langsung kepada Pimpinan Dewan, namun secara administratif berada dibawah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Barat. Secara struktural Sekwan dibantu oleh 3 (tiga) eselon 3 (tiga) yang terdiri dari Bagian Umum, Bagian Persidangan, Bagian Keuangan, serta Kelompok Jabatan Fungsional. Dalam melaksanakan tupoksinya, setiap Bagian dibantu oleh masing-masing 2 (dua) Sub Bagian dan Staf Pelaksana. Pada Tahun 2017 jumlah pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Pesisir Barat berjumlah 68 orang, terdiri dari 16 orang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), 14 orang Tenaga Kerja Kontrak (TKK), serta 38 Tenaga Kerja Sukarela (TKS).

  • Share on :